Asal Usul Permainan Play Doh

Saat ini kita seringkali melihat mainan andak Play doh dijual dimana-mana, bahkan permainan dengan menggunakan Playdoh sangatlah mengasyikan untuk menambah kreatifitas anak baik dirumah maupun disekolah.

Akan tetapi tahukah anda bahwa produk ini awalnya bukanlah dibuat untuk mainan, Playdoh pertama kali dibuat sekitar tahun 1930, yang dijual sebagai alat pembersih kertas dinding atau wallpaper.

Pada saat itu produk ini hanya tersedia satu warna saja yaitu warna putih yang dipasarkan di toko Kroger. Produk ini tercipta dari keinginan pemilik toko untuk  mencari produk yang bisa membantu menghilangkan jelaga dari tungku pembakaran batu bara di dinding toko dan rumahnya.

Sempat populer ditahun 1930-1940an, Play Doh akhirnya tenggelam dengan kehadiran sabun pembersih untuk membersihkan dinding, ditambah dengan kehadiran alat masak yang terbuat dari minyak dan gas.

Sekarang Play-Doh pun dikemas kembali dengan fungsi lain yaitu sebagai manian anak untuk menunjang kreatifitas dan daya berpikir anak, hal ini membuat produk ini seperti terlahir kembali dengan fungsi yang sangat berbeda.

Sebenarnya Playdoh untuk fungsi mainan sudah dipasarkan disekolah-sekolah pada tahun 1950-an, saat itu sang pembuat menemukan banyak para guru di sekolah yang memanfaatkan alat bantu pembersih ini sebagai mainan anak. Akhirnya Play-Doh dikembangkan kembali dengan bahan-bahan yang aman bagi anak, warna-warna yang lebih beragam.

Demikian sekilas informasi tentang asal usul dari permainan Play Doh, semoga bisa menambah pengetahuan kita.

59 dibaca
Bantu teman anda menuju kesini
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Terima kasih sudah membaca artikel Asal Usul Permainan Play Doh

Jangan Lewatkan Baca Juga Artikel Lainnya