Begini Cara Mengatasi Jika Tersedak Duri Ikan

Ikan memang lauk yang sangat bermanfaat, selain kandungan protein yang tinggi, ikan juga dapat membuat selera makan seseorang menjadi meningkat.

Akan tetapi berhati-hatilah jika anda mengkonsumsi ikan, karena diantara nikmatnya daging ikan terdapat duri/tulang ikan yang bisa membuat masalah pada tenggorokan Anda.

Apabila hal ini terjadi pada anda atau orang dekat anda, jangan panik dulu, cobalah tips berikut ini.

1. Bantu dengan gumpalan nasi
Langkah pertama, karena biasanya makan ikan dengan nasi, maka gunakanlah nasi hangat untuk menghanyutkan duri ikan yang nyangkut. Caranya buat kepalan nasi hangat, jangan terlalu besar.
Telan utuh-utuh bulatan nasi hangat tersebut dan jangan dikunyah. Nasi tersebut akan membawa masuk duri ikan yang nyangkut. Jangan lupa sediakan air putih hangat segelas. Minum setelah menelan nasi.

2. Telan Pisang tanpa dikunyah
Selanjutnya jika cara pertama belum berhasil, gunakanlah buah pisang, karena mempunyai tekstur lengket yang bisa menghanyutkan duri ikan yang nyangkut. Caranya potong daging buah pisang agak kecil lalu langsung telan tanpa dikunyah.
Jika terasa terlalu keras, bisa di lunakkan dahulu dengan dipenyet-penyet di dalam mulut. Namun jangan sampai hancur. Lalu ditelan. Ulangi beberapa kali sampai duri hanyut.

3. Kacang
Selain dua makanan diatas, ternyata kacang-kacangan juga bisa bantu dorong duri ikan yang nyangkut. Teksturnya bisa menyapu mulut dan tenggorokan.
Caranya, kunyah kacang namun jangan sampai halus. Usahakan teksturnya masih sedikit kasar. Lalu telan, dan lakukan beberapa kali sampai duri ikut terdorong ke dalam.

4. Air Garam Hangat
Cara terakhir menggunakan air hangat yang dicampurkan dengan garam, lalu gukanan untuk kumur-kumur. Arahkan ke bagian yang terasa ada duri yang menyangkut.

Itulah beberapa cara alami untuk mengatasi tersedak duri ikan yang menjengkelkan. Selamat mencoba.

92 dibaca
Bantu teman anda menuju kesini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Terima kasih sudah membaca artikel Begini Cara Mengatasi Jika Tersedak Duri Ikan Jangan lupa tinggalkan jejak sobat melalui komentar ya! biar kita bisa saling kenal

Jangan Lewatkan Baca Juga Artikel Lainnya