Cerita Inspiratif : Belajar Dari Kisah Ular dan Gergaji

Seringkali dalam kehidupan kita sehari-hari, ada perbuatan, perkataan maupun prilaku teman, shabat, keluarga maupun orang terdekat kita yang menyakiti hati dan perasaan kita.

Emosi dan amarah biasanya langsung menyelimuti hati dan pemikiran kita untuk segera membalas mereka, tapi akankah amarah dan pembalasan yang kita lakukan menyelesaikan masalah? ternyata jawanya “TIDAK”. Justru dengan amarah dan pembalasan tersebut akan membuat kita lebih sakit.

Rasulullah Shallalahu ‘alihi wassalam bersabda:

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَجُلًا قَالَ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : أَوْصِنِيْ ، قَالَ : (( لَا تَغْضَبْ )). فَرَدَّدَ مِرَارًا ؛ قَالَ : (( لَا تَغْضَبْ )). رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu bahwa ada seorang laki-laki berkata kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam : “Berilah aku wasiat”. Beliau menjawab, “Engkau jangan marah!” Orang itu mengulangi permintaannya berulang-ulang, kemudian Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Engkau jangan marah!” [HR al-Bukhâri].

Untuk membuat kita bisa memahami lebih dalam tentang akibat dari amarah yang menguasai diri kita, berikut kisah inspiratif antara Ular dan Gergaji, simak, pelajari dan renungkan, semoga bermanfaat!.

Alkisah, ada seekor ular yang memasuki sebuah gudang tempat kerja seorang tukang kayu di malam hari. Kebiasaan si tukang kayu adalah membiarkan sebagian peralatan kerjanya berserakan & tidak merapikannya. 

Nah ketika ular itu masuk ke sana, secara kebetulan ia merayap di atas gergaji. Tajamnya mata gergaji menyebabkan perut ular terluka. Ular beranggapan gergaji itu menyerangnya. Ia pun membalas dengan mematuk gergaji itu berkali-kali.


Serangan yang bertubi-tubi menyebabkan luka parah di bagian mulutnya. Marah & putus asa, ular berusaha mengerahkan kemampuan terakhirnya untuk mengalahkan musuhnya. Ia pun lalu membelit kuat gergaji itu.

Belitan yang menyebabkan tubuhnya terluka amat parah, akhirnya ia pun mati binasa. Di pagi hari si tukang kayu menemukan bangkai ular tersebut di sebelah gergaji kesayangannya.

Semoga kita dapat belajar dari cerita singkat tentang ular dan gergaji yang dapat menginspirasi agar kita bisa menahan amarah semampu mungkin.

168 dibaca
Bantu teman anda menuju kesini
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Terima kasih sudah membaca artikel Cerita Inspiratif : Belajar Dari Kisah Ular dan Gergaji Jangan lupa tinggalkan jejak sobat melalui komentar ya! biar kita bisa saling kenal