Kurban dan Akikah, Bolehkah digabungkan?

Tak lama lagi umat Islam akan merayakan Idul Adha tepatnya tanggal 10 Dzulhijjah yaitu pada tanggal 21 Agustus 2018.

Jumhur ulama berpendapat kurban itu sunnah muakkad. Namun bagi yang mampu atau punya kelapangan rezeki dianjurkan untuk tidak meninggalkannya.

Lalu bagaimana hukum menggabungkan antara kurban dan akikah? Apakah dibolehkan?Para ulama dalam hal ini berbeda pendapat.

Sebagaimana rilweb.com kutip dari laman Rumaysho.com, Syaikh ‘Abdullah bin ‘Abdirrahman Al Jibrin rahimahullah saat ditanya, “Jika waktu akikah jatuh pada Idul Adha, apakah sah melaksanakan akikah dan kurban sekaligus dengan satu sembelihan? dan Bagaimana niatnya?

Beliau dengan tegas menjawab, “Tidak bisa digabungkan antara niat kurban dan akikah. Yang mesti dilakukan adalah menyembelih akikah satu atau dua ekor kambing secara tersendiri. Tidak bisa akikah tersebut digabungkan dengan kurban.

Kurban dilakukan pada hari Idul Adha atau hari tasyriq. Dengan pembagian yang lebih afdol, shohibul kurban memakan 1/3-nya, menghadiahkan 1/3-nya, dan menyedekahkan 1/3-nya.

Sedangkan untuk akikah dilakukan pada hari ketujuh dari kelahiran. Jika luput dari hari ketujuh, bisa dilakukan pada hari ke-14. Jika tidak bisa pada hari tersebut, maka pada hari ke-21.

Paling bagus, akikah tersebut diadakan seperti walimah dengan mengundang kerabat dan rekan untuk mendo’akan bayi yang baru lahir.

Namun jika berada dalam kondisi darurat untuk menyembelih kurban dan akikah pada satu waktu, maka itu boleh karena kedua amalan tersebut adalah sunnah.

Akan tetapi perlu diingat bahwa Keutamaan pada kurban lebih besar daripada keutamaan pada akikah disaat Idul Adha dan 3 hari Tasyrik.

Pendapat yang kedua dari Sayyid Sabiq berkata, “Ulama Hambali berpendapat bahwa jika bertemu antara hari nahr (Idul Adha) dan hari akikah, maka boleh mencukupkan dengan satu sembelihan sebagaimana cukup dengan satu mandi jika bertemu hari Ied dan hari Jumat.”

Namun kalau memiliki kelapangan rezeki, memisahkan antara kurban dan akikah itu lebih baik.Jika berada dalam kondisi sulit, memilih pendapat Imam Ahmad untuk menggabungkan itu lebih utama.

Wallahu a’lamu bisshowab….

106 dibaca
Bantu teman anda menuju kesini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Terima kasih sudah membaca artikel Kurban dan Akikah, Bolehkah digabungkan? Jangan lupa tinggalkan jejak sobat melalui komentar ya! biar kita bisa saling kenal

Jangan Lewatkan Baca Juga Artikel Lainnya