Menambahkan Form Komentar Disqus di WordPress

Hampir semua blog wordpress sekarang ini menggunakan form komentar dari pihak ketiga, yaitu Disqus. Selain karena kestabilan load komentar, disqus juga sangat mudah digunakan pada blog wordpress dengan bantuan plugin resmi dari disqus itu sendiri.

Lalu apakah sebenarnya Disqus itu?

Disqus merupakan sebuah aplikasi dalam bentuk jaringan komunitas yang sudah digunakan oleh ratusan ribu situs sebagai salah satu layanan berbagi komentar yang terintegrasi dengan sosial media dengan dilengkapi sistem administrasi yang mudah.

Apa yang harus anda siapkan terlebih dahulu?

Sebelum anda menggunakan layanan komentar dari disqus untuk blog wordpress anda, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu 2 akun berikut:

  1. Pastikan anda memiliki akses administrator di blog wordpress anda
  2. Memiliki Akun Disqus

Dalam tutorial kali ini saya asumsikan anda sudah memiliki akses sebagai admin wordpress, maka selanjutnya kita akan membuat Akun Disqus.

Langkah pertama : Silakan buka website disqus, kemudian buatlah sebuah akun dengan menggunakan email.

Klik Get Started untuk memulai membuat akun Disqus,. Pada halaman ini anda bisa mendaftarkan email secara langsung atau bisa dengan menggunakan sosial media yang anda miliki,  disini saya merekomendasikan untuk menggunakan akun gmail biar lebih mudah.

Setelah itu anda akan mendapatkan tampilan berikut

Pilih I want to install Disqus on my site

Kemudian isi form pembuatan website dan pilih jenis kategori dari website anda

Selanjutnya Pilih plan yang ingin Anda gunakan. Pada contoh ini kami memilih Plan Basic. Kemudian Platform pilih WordPress

Langkah kedua : Aktivasi Disqus pada blog WordPress

Jika anda belum login ke blog wordpress silakan login terlebih dahulu dengan menggunakan akses administrator, kemudian install plugin Disqus melalui menu Plugin>Add New

Lakukan instalasi dan kemudian aktivasi plugin tersebut

Langkah ketiga : Konfigurasi Disqus di WordPress

Setelah plugin aktif kemudian pilih menu Comment>Disqus

Lalu klik button Upgrade kemudian lanjutkan dengan mengisi data akun Disqus anda berupa username dan password yang telah anda buat sebelumnya.

Selamat!!! sekarang blog wordpress anda sudah terintegrasi dengan form komentar dari Disqus. Semoga bermanfaat.

 

 

191 dibaca
Bantu teman anda menuju kesini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Terima kasih sudah membaca artikel Menambahkan Form Komentar Disqus di WordPress Jangan lupa tinggalkan jejak sobat melalui komentar ya! biar kita bisa saling kenal

Jangan Lewatkan Baca Juga Artikel Lainnya