Samsung Perkenalkan Modem 5G Pertama di Dunia

Era 4G baru beberapa tahun terakhir diumumkan dan digadang-gadang menjadi jaringan internet tercepat. Belum semua orang saat ini yang telah memiliki smartphone maupun modem dengan teknologi baru tersebut, sekarang telah hadir jaringan yang diklaim lebih cepat dari 4G yaitu 5G.

Tak mau didahului oleh vendor lain, Samsung mulai memperkenalkan modem 5G-nya, yaitu Exynos 5100. Di demonstrasikan dia ajangĀ  CES 2018 Januari lalu, Samsung belum memastikan kapan modem tersebut bakal tersedia dipasaran.

Pekan ini, Samsung mulai mengumumkan bahwa chip modem bernama Exynos 5100 secara resmi sudah mulai diproduksi. Exynos 5100 merupakan chip modem 5G multi-mode pertama di dunia.

Menurut informasi, Exynos 5100 sepenuhnya kompatibel dengan standar yang ditetapkan oleh 3rd Generation Partnership Project (3GPP). Kecepatan downlink chip modem ini diklaim mencapai 2 Gbps dengan setting sub-6 GHz, dan hingga 6 Gbps dengan menggunakan setting mmWave.

Kelebihan lainnya modem ini sudah mendukung 8x carrier agregation (CA), baik di 5G NR maupun 4G LTE. Kecepatan transfer data 4G LTE maksimalnya diklaim bisa mencapai 1,6 Gbps. Sebagai chip modem multi-mode, Exynos kompatibel dengan teknologi-teknologi seluler sebelumnya, termasuk 2G GSM/ CDMA, 3G WCDMA, TD-SCDMA, HSPA, dan 4G LTE.

Dilansir dari AnandTech, Rabu (16/8/2018) Exynos 5100 pun memiliki kelebihan untuk skenario terintegrasi di perangkat yang sejak awal belum memiliki konektivitas. Samsung menjanjikan Exynos 5100 yang diproduksi dengan proses manufaktur 10nm ini bakal mulai tersedia menjelang akhir 2018. Belum diketahui perangkat mana saja yang akan menggunakannya.

54 dibaca
Bantu teman anda menuju kesini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Terima kasih sudah membaca artikel Samsung Perkenalkan Modem 5G Pertama di Dunia Jangan lupa tinggalkan jejak sobat melalui komentar ya! biar kita bisa saling kenal

Jangan Lewatkan Baca Juga Artikel Lainnya