Ternyata Bendera Merah Putih Tidak Hanya Punya Indonesia

Sebentar lagi hari kemerdekaan RI ke-73 akan tiba, tepatnya pada hari Jum’at tanggal 17 Agustus 2018.

Gemerlap merah putih sudah terlihat dimana-mana, sebagai bukti kecintaan kita terhadap negara kesatuan republik Indonesia.

Tapi tahukah anda ternyata Bendera merah putih bukan hanya milik negara kita?

Ya.. setidaknya ada 3 negara di dunia yang memiliki kesamaan warna merah putih, berikut 3 negara yang mempunyai bendera merah putih.

1. Monaco
Negara bagian Perancis ini salah satu pemilik Bendera merah putih, dengan luas wilayah yang hanya 2,02 kilometer persegi.

Memiliki warna bendera yang sama dengan Indonesia, Perbedaannya hanya terletak pada rasio ukurannya, yakni 4:5. Monaco meresmikan bendera merah putih miliknya sejak April 1881.

2. Polandia
Negara lainnya adalah Polandia yang sempat viral karena bendera Polandia inilah yang digunakan Lalu Mohammad Zohri dalam Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Finlandia pada 10 Juli lalu?

Bendera ini diresmikan sejak 1 Agustus 1919 tersebut mempunyai rasio 5:8. Faktanya, corak warna Polandia gak hanya putih dan merah, lho. Ada lambang elang putih pada benderanya.

Selain itu, kalau Indonesia merah-putih, Polandia kebalikannya yakni putih-merah.

3. Indonesia
Merah dan putih merupakan simbol keberanian dan kesucian rakyat Indonesia dalam melawan penjajah.

Sebelum diresmikan pada 17 Agustus 1945, bendera merah putih pertama kali berkibar pada 1928 pada masa Kerajaan Majapahit. Indonesia menggunakan ukuran rasio bendera 2:3.

Ukuran tersebut telah dijelaskan dalam Undang-undang Dasar (UUD) 45, UU Nomor 24/2009, dan Peraturan Pemerintah Nomor 40/1958 tentang Bendera Kebangsaan Republik Indonesia. Rasio 2:3 digunakan khusus untuk penggunaan di lapangan Istana Kepresidenan.

79 dibaca
Bantu teman anda menuju kesini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Terima kasih sudah membaca artikel Ternyata Bendera Merah Putih Tidak Hanya Punya Indonesia Jangan lupa tinggalkan jejak sobat melalui komentar ya! biar kita bisa saling kenal

Jangan Lewatkan Baca Juga Artikel Lainnya